Sabar


Hari-hari belakangan saya dipaksa untuk sabar, mulai dari hal besar sampai hal kecil yang seolah tak penting dan dampaknya baru dirasakan lama setelahnya.
Baru saja saya membeli baterai HP baru di gerai Samsung. Harganya lumayan mahal, setara dengan tiga kali makan di luar pada akhir pekan tapi apa daya, memang telepon seluler seperti kebutuhan primer kita jadi daripada aktivitas terhambat ya saya beli baterai baru.
Ini bukan pertama kalinya baterai HP menggelembung karena “bocor”. Kalau dilihat ke belakang, pengeluaran ini dapat dihindari seandainya saya mau bersabar dan men-turn off HP saat di-charged. Hanya saja godaan untuk membuka media sosial begitu besarnya apalagi jika ada notification muncul, balas pesan singkat dan email, dan terutama mengangkat telepon. Andai saja saya punya pengendalian diri yang baik. Sudah tahu bakal berakhir seperti ini, tetap saja dilakukan. What a moron!
Betapa pentingnya kemampuan untuk sabar. Semua ada waktunya, dan apa-apa dilakukan bukan pada waktunya akan berahir fatal, berakibat buruk.
Anyway, setelah konsultasi sama Mbaknya di gerai Samsung, here’s some tips to keep your battery in good condition:
1. Jangan men-charge telepon seluler sepanjang malam atau overnight
2. Tutup semua aplikasi yang berjalan atau dalam keadaan dibuka pada task manager.
3. Turn off your phone when you charge it
4. Don’t use it while it’s charged