Apa Salahnya Ikut Lomba Menulis?

Banyak cara untuk mencari uang, entah sebagai mata pencaharian utama atau sekadar mencari uang jajan tambahan. Salah satunya adalah dengan mengikuti lomba blog atau lomba menulis. Lomba menulis salah satu cara menghasilkan uang yang mudah karena modalnya cuma internet. Nggak perlu punya degree tertentu karena biasanya syarat peserta terbuka untuk umum. Tapi tetap perhatikan ketentuan lomba ya. Beberapa mengharuskan kamu harus berprofesi sebagai jurnalis, mahasiswa, siswa. Dan terkadang ada minimal atau batas umur peserta.

Tapi ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan ketika mulai 'nyemplung' mencari uang dengan cara ini.

Jangan Asal Tulis
Mentang-mentang ingin menang, jangan menulis artikel sembarangan. Maksudnya, selalu lakukan riset jika kamu tidak yakin dengan fakta yang ingin kamu masukkan dalam tulisan.
Kalau cerita fiksi sih bebas, ya. Asal jangan memuat Sara aja.

No Procrastination
Sekali mulai menulis, selesaikanlah jauh-jauh hari sebelum deadline apalagi kalau kamu sangat tergiur dengan hadiahnya. Kalau belum dapat inspirasi, jadikan draft tapi tulis deadline submit artikel di kalendar atau di tempat yang pasti kamu lihat.

Bagi Waktu
Saran saya sih kalau kamu punya pekerjaan utama atau masih berstatus pelajar atau mahasiswa, utamakan dulu hal tersebut. Jangan sampai kamu nggak belajar untuk ujian gara-gara sibuk membuat tulisan. Pinter-pinter bagi waktu dan membuat prioritas. Jangan sampai kamu mengabaikan hal-hal yang lebih penting apalagi keikutsertaan dalam suatu lomba tidak serta merta menjamin kamu menjadi pemenangnya.

Belajar Blogging dan SEO
Banyak lomba menulis di blog yang tidak hanya mengutamakan isi tulisan namun juga tampilan. Pastikan blog kamu menarik, mulai dari template, layout. Banyak juga penilaian dilakukan dari banyaknya view pada tulisan kamu. Maka dari itu, penting juga belajar trik-trik SEO terutama buat kamu yang mau serius nge-blog.

Update Lomba
Hampir tiap hari ada aja lomba baru. Coba deh sering-sering kunjungi situs-situs seperti anekalomba.com dan situs-situs sejenis. Googling saja dengan keyword "lomba menulis" atau "lomba menulis 2015". Ino juga bisa didapatkan dengan follow @Lomba_Menulis di twitter dan akun-akun sejenis.

Jangan Patah Semangat
Ingat, nggak cuma kamu yang kirim cerita. Mungkin ada ratusan bahkan ribuan peserta lain yang juga mengikuti lomba yang sama. Kalau kamu belum terpilih, coba lagi kirim cerita untuk lomba yang lain. Intinya, jangan patah arang. Terus mencoba karena pepatah pun bilang, "harus biasa supaya bisa..."