Liburan: Otak Tidak Terlatih (?)

Jujur gue orang yang suka belajar. Dulu ada jamannya ya orang malu mengakui kalo dia suka belajar atau dapat nilai bagus karena nanti diledekkin temennya "cieeee". Belajar. "Belajar seharusnya menyenangkan." Begitu banyak orang bilang. Dan cuma orang yang berhasil paham sama konsep belajar yang akhirnya bilang, "belajar memang menyenangkan." Semoga gua salah satunya.
Yang gua maksud ngga melulu soal baca buku apalagi text book yang tebel buangeeet. Beberapa bulan belakangan gua mulai mainin brain game yaitu Elevate. Untuk versi free-nya, tiap hari kita harus menyelesaikan tiga sesi. Ketiganya diacak tiap hari bisa bertema Visualization, Agility, Error Avoidance, dan banyak lagi. Intinya Elevate melatih user dalam hal writing, listening, speaking, reading, dan math. Gue download kira-kira sejak pertengahan 2015 dan sampai sekarang sudah kerasa manfaatnya. Vocab jadi berkembang, lebih cepat berpikir dan membaca, dan lebih fokus.

Satu aplikasi sejenik namanya Peak. Peak menurut gua lebih "game" dan lebih seru walaupun manfaatnya lebih kerasa Elevate sih. Secara Elevate juga masuk dalam jajaran Editor's Choice. Di Peak versi free, tiap hari ada empat jenis permainan brain training yang harus diselesaikan guna memenuhi target. Jadi per hari ada goal yang harus terpenuhi. Kalau score belum memenuhi goal, kita mainkan terus. Sama kaya belajar, ketika belum menguasai suatu hal, latihan terus sampai mahir. Yang gua suka dari aplikasi ini adalah Peak punya "rapor". Ada lima kriteria, yaitu emotion, language, memory, problem solving, dan focus. Ternyata gua menonjol di emosi dan language


Kenapa gua bikin postingan begini? Pengen belajar me-review? Iya. Tapi alasan utamanya adalah lewat kedua aplikasi yang "kebetulan" gua download ini, gua jadi semakin paham bahwa kemampuan gua adalah dalam bahasa. Gua suka belajar bahasa baru dan lewat menulis pun, gua suka memainkan perbendaharaan kata.

Siapa sangka ya? Kata orang sih main gadget terus bikin ga produktif apalagi lagi liburan seperti ini. Tapi emang dasarnya gua orangnya nggak pengen ketinggalan sama orang lain, jadi pengen leyeh-leyeh iya tapi pengen dapat ilmu juga. Cobain deh!