R A T U S

sumber: femina.co.id

Hari ini aku nyobain Ratus spa di Martha Tilaar. Sempat googling beberapa tempat spa di Bandung dan punya 3 option yaitu Martha Tilaar (yang paling dekat kos an), Selaras Spa (di Jalan Aceh), dan Anata Salon. Kenapa akhirnya pilih di Marth Tilaar? Well pertama karena dekat kos dan ternyata harganya ngga semahal yang aku cari di internet (well, di internet memang ketemunya price list Martha Tilaar spa yang di Jakarta dan beda jauh dengan harga yang ditawarkan cabangnya di Bandung). Bagus lah :)

Karena ngga punya waktu banyak, aku coba Ratusnya saja padahal pengin banget cobain yang Ken Dedes Princess Ritual biar kaya princess (kalau punya waktu dan uang lebih hihihi)

Ratusnya sendiri berlangsung selama 15 menit saja dan ternyata nggak seseram dan sepanas yang aku bayangkan. Malah nagih. Enak dan nyaman banget. Hanya saja asapnya naik-naik jadi kita dikasih kipas sama mbaknya untuk menghalau asap yang bisa bikin kelilipan. Untuk perawatan Ratus, kamu perlu nyiapin uang Rp 65.000 saja.

Nah untuk perawatan Ken Dedes seperti yang bisa dibaca di situs femina, rangkaiannya terdiri dari lulur dengan bahan alami untuk menghilangkan bau, membersihkan kulit dan mengecilkan pori, mengurangi aktivitas kelenjar minyak, dan mengangkat sel kulit mati. Sehabis luluran, tubuh bisa dimanjakan dengan steam yang berfungsi sebagai detoksifikasi, Ratus, dan berendam mandi di air bunga. Well, kurang tahu sih kapan tahapan Ratus dijalankan pada treatment Ken Dedes (setelah luluran atau setelah steam) karena aku sendiri belum pernah coba. Pokoknya Ken Dedes sudah termasuk Ratus dan recommended sekali untuk harga Rp 350.000 (Martha Tilaar spa yang di Bandung). Kalau baca review orang, di Jakarta paket Ken Dedes dibanderol dengan harga sampai Rp 480.000. Nah untuk harga segitu, aku yang masih mahasiswi sih nggak berani :)

Buat yang pertama nyoba Ratus dan nggak familiar kaya aku, pasti sempat kepikiran apa Ratus itu aman, benar nggak sih punya khasiat sama miss V, dan lain sebagainya (apalagi buat orang yang parno-an kaya seperti aku LOL). Aku banyak googling dan postingan ini lumayan berguna deh untuk ngasih penjelasan lebih lanjut tentang Ratus http://ratus-v.blogspot.co.id/2012/04/ratus-vagina-antara-mitos-fakta.html

Yang pasti, kata mbak therapist-nya (dan sesuai sama yang aku baca), Ratus baik bagi yang sudah menikah ataupun belum, paling baik dilakukan setelah menstruasi sebulan sekali. Btw, untuk selanjutnya aku mau coba Ratus Angel di Anata Salon. Bulan Mei mereka akan re-opening di Setiabudi Supermarket dan promo 25% untuk all treatment. Berarti dari harga Rp 176.000 didiskon jadi Rp 132.000 saja.
Oh iya, dengan harga segitu sudah mencakup body steam, Ratus, totok & massage wajah dengan batu giok, body massage, styling payudara, massage dengan G5 (mesin yang cara kerjanya ngasih getaran khusus untuk memangkas lemak), bleaching & body scrub, dan dapet minuman herbal. Compare to Martha Tilaar, paket dari Anata lebih menggiurkan sih apalagi kalo kamu googling, paket ini pun jadi favorit mulai dari mahasiswi sampai ibu-ibu di Bandung.

Overall, there's always first for everything dan pengalaman pertamaku Ratus malah bikin pengen lagi di bulan-bulan berikutnya.