E-commerce Juara!

Sebagai calon ibu-ibu, saya uda mulai ekonomis dari sekarang. Dari saat masih jadi mahasiswi. Hehehe.
Contohnya dua hari lalu pukul 23.30. Blibli, salah satu e-commerce terbesar di tanah air mengadakan diskon gila-gilaan, mulai dari baju-baju brand tertentu yang dipukul rata harganya jadi Rp 50.000,00 sampai diskon hingga 80%+20% untuk pengguna kartu BNI.
Awalnya iseng browsing baju-baju. Sempet ada niat beli sih karena review orang juga bagus-bagus di produk tersebut. Sekadar info, produk Blibli memang rata-rata bagus, mendapat rating 4/5 star dari orang-orang. Kalaupun ada yang kurang puas, biasanya mengeluhkan pengirimannya yang lama.
Tapi saya bersyukur selama ini pakai Blibli, semuanya sempurna.

Kenapa Blibli?


Saya termasuk orang yang susah percaya kualitas barang kalau nggak melihat langsung. Saya juga bukan orang super sibuk sampai nggak punya waktu untuk belanja ke toko fisik. Ya itung-itung, "manjain mata" di mall. Blibli adalah pengalaman belanja online pertama saya *mesem-mesem* *kaya ngomongin cinta pertama aja*. Saya berani belanja di Blibli karena pernah main ke kantornya langsung waktu jadi finalis Cosmogirl! 2015. Selain office tour, kami juga dapat kesempatan untuk tanya jawab dengan pihak Blibli yang menerima kami di sana. Dari sana saya jadi tahu bahwa Blibli menerapkan konsep satu pintu. Jadi customer nggak berhubungan langsung dengan merchant. Produk yang dikirim oleh merchant diseleksi terlebih dahulu oleh Blibli untuk dijamin kualitasnya. Merchant yang bekerja sama juga nggak sembarangan loh. Semuanya juga sudah melewati tahap screening sama pihak Blibli. Buat saya yang mengutamakan kualitas, alasan tersebut merupakan alasan utama mengapa saya hanya berani belanja online di Blibli. Ini merupakan jaminan semua barang yang dijual Blibli adalah asli.
Saya pernah tanya jawab dengan salah satu penjual di salah satu situs belanja online, mengapa maskara Maybelline yang dijualnya sangat tidak masuk akal harganya, yaitu hanya Rp 9.000,00 saja. Nggak berapa lama, penjualnya jawab bahwa yang dijual hanyalah replika saja. Duh! Buat saya pribadi, kualitas nomor satu. Dan saya lebih pilih begitu daripada mendapatkan barang branded dengan kualitas abal-abal.

Alasan kedua, gratis ongkos kirim. Ini bermanfaat sekali buat yang belanja dalam jumlah sedikit atau barang yang harganya nggak terlalu mahal. Nyesek, kan kalau ongkos kirim sama belanjaan hampir sama nominalnya? Di Blibli, saya baru saja order sabun Detol Cool 300 mL seharga Rp 20.239,00. Dan saya nggak perlu tambah biaya apa-apa lagi. Senangnya! :)

Ketiga, ada sistem COD (bayar di tempat). Saya baru tahu beberapa bulan belakangan bahwa ada sistem semacam ini. Selama ini saya pikir jika berbelanja online harus transfer via ATM/M-banking atau bayar dengan kartu kredit. Saya pernah beli maskara Maybelline Hypercurl dan barang itu dikirim langsung ke alamat saya tanpa sebelumnya bayar DP atau semacamnya. Ketika barang diantarkan oleh kurir, baru saya bayar di tempat. Sistem ini berguna banget terutama buat orang-orang yang baru pertama kali coba belanja online dan khawatir takut barangnya nggak sampai padahal udah bayar. 


Pesanan saya mudah ditelusuri statusnya. Beli sabun Detol dengan sistem COD

Keempat, tampilan websitenya nggak membingungkan. Mudah sekali mencari barang yang diinginkan.
Tampilan website yang kece dan nggak bikin sakit mata

Ada juga fasilitas live chat jika bingung bertransaksi di Blibli. 24 jam loh! Customer service-nya tanggap, cepat, dan ramah pula.

Biar lebih afdol, begini langkah-langkah memesan barang di Blibli.

1. Ketik nama barang yang kamu inginkan. Nanti akan ada banyak suggestion nya

2. Begini tampilannya ketika website menampilkan barang yang dicari

3. Jangan lupa membaca baik-baik deskripsi, spesifikasi, dan ulasan terhadap produk tersebut. Biar kamu nggak kecewa. Jangan cuma langsung klik "Beli" begitu lihat gambarnya
3a. In case barangnya habis dan kamu kepengen sekali, kamu tetap bisa klik "Beritahu Saya" sebelum keluar. Nanti kalau barangnya udah di-restock ada email notificationnya. Saya pernah mengalami ini waktu beli LA Girl Pro Concealer yang warna toast. Mungkin karena warna ini sering dipakai sama beauty vlogger di Youtube (dan saya juga tahunya gara-gara nonton video Abel Cantika, my favorite youtuber), jadi cepat sekali habis.

4. Setelah oke, kamu bisa klik "Beli" dan dilanjutkan dengan "Lanjutkan pembayaran"

5. Jangan lupa review kuantitas barang yang kamu pesan
6. Ini ringkasan pemesanannya. Klik "Lanjutkan ke Pembayaran"

7. Pilih metode pembayaran yang paling nyaman menurut kamu


8. Jangan lupa cek kembali alamat pengirimanmu. Jika semua sudah oke, klik "Bayar Sekarang"
9. Selesai!!! Detail pesananmu juga akan dikirim ke emailmu

Pro dalam berbelanja online:
  • Mudah dan nyaman terutama untuk kamu yang tidak suka keluar rumah
  • Hemat biaya transportasi
  • Bisa untung banyak jika ada diskon gila-gilaan

Kontra dalam berbelanja online:
  • Tidak semua barang lebih murah dibanding di toko fisik
  • Ada risiko barang rusak karena packaging kurang rapi dsb. Oleh karena itu, kamu harus jeli memilih e-commerce
  • Selalu ada kemungkinan barang tidak sesuai ekspektasi karena kamu tidak melihat barangnya secara langsung terlebih dahulu
[UPDATED]
Barang yang saya pesan di Blibli, yaitu Sabun Dettol ukuran 300 mL sudah sampai sejak 6 September lalu. Begini packagingnya:
1. Depan
Bungkusnya rapi banget sampai susah dibuka

2. Belakang

Sempet ada niat komplain karena kok barang nggak sampai-sampai (fyi, ini pengiriman terlama sepanjang sejarah belanja saya di Blibli) tapi kalau liat di bagian "pesanan" di akun saya, estimasi pengiriman memang dari tanggal 31 Agustus sampai 6 September.

Sekian review saya tentang e-commere andalan. Mungkin ada yang berpikir ini review apaan nggak penting dsb, tapi saya cuma ingin membantu mereka-mereka yang niat belanja online tapi belum berani atau bingung di situs apa yang bagus.