DIY: Fruit Smoothies

Seringkali aku nggak suka makan buah potong. Alasannya simpel dan aneh sih sebenarnya: lama, apalagi kalau sambil streaming Youtube ;p. Makanya beberapa waktu yang lalu aku minta dibelikan blender untuk bikin smoothies di kos. Sejak itu, aku jadi sering googling dan cari-cari resep smoothies yang enak, juga baca-baca soal fruit combining. Ternyata, kita nggak boleh sembarangan mencampurkan buah apalagi mix dengan sayur. Berikut adalah buah-buahan yang nggak boleh asal dicampur berdasarkan apa yang aku baca beberapa waktu lalu.
1. Jeruk+wortel
dapat menyebabkan penyakit hati, terasa seperti terbakar atau biasa disebut "heartburn".
2. Nanas+susu
dapat menghasilkan senyawa bromelain. Senyawa ini bisa menyebabkan kita buang angin alias kentut-kentut, sakit kepala, sakit perut, dan diare.
3. Pepaya+lemon
dapat menurunkan hemoglobin dalam tubuh dan berisiko anemia.
4. Jambu+pisang
dapat menyebabkan acidosis. Acidosis terjadi saat paru-paru dan ginjal tidak bisa menjaga keseimbangan pH dalam tubuh.
5. Sayur+buah
Buah memproduksi gula lebih banyak. Sementara sayur membutuhkan waktu untuk dicerna di perut, buah dapat memproduksi racun. Kombinasi keduanya jika dikonsumsi bersamaan juga dapat menyebabkan sakit perut, infeksi, dan diare.

Kalo aku, apalagi waktu minggu ujian, buatnya yang simpel-simpel aja, malahan cenderung menghindari fruits combining karena mesti cari tahu aka googling apakah buah A bisa dicampur dengan buah B, dan sebagainya.

Jadinya, aku bikin pisang+yoghurt, deh. Begini penampakannya setelah dicampur dan diblender.


Cuma perlu bahan-bahan ini untuk bikin semangkuk pisang+yoghurt yang enak dan sehat.

Tips memilih pisang yang baik:
1. Jangan pilih yang terlalu banyak bintik coklatnya karena bintik coklat menandakan kematangan pisang. Kalau terlalu banyak, artinya pisang sudah over ripen dan kemungkinan di dalamnya sudah terlalu lembek.

2. Jika kulit pisang susah dibuka, kemungkinan besar pisang rasanya pahit.


Selera, sih mau pakai yoghurt cair atau yang teksturny seperti cream. Aku pilih yang cair supaya smoothiesnya nggak terlalu "thick" teksturnya jadi bisa diteguk, nggak perlu disuap dengan sendok. Kalo lagi nggak pengin yang asam-asam, aku suka mengganti yoghurt dengan madu murni. Caranya potongan pisang diblender sebentar (hanya beberapa detik) lalu dicampurkan madu. Setelah itu blender lagi sampai sehalus yang diinginkan. Tapi blendernya juga jangan terlalu lama, jangan sampai lebih dari 3 menit karena panas karena putaran blender (RPM-nya kan tinggi) dapat menghancurkan vitamin yang ada di buah.

Selamat mencoba di rumah :)