Master English Easily

Satu pertanyaan yang diajukan teman saya baru-baru ini adalah, "Gimana sih dapet skor TOEFL yang tinggi?", "Gimana cara belajar TOEFL yang bener?" Well, postingan ini akan ditujukan untuk semua orang yang ingin belajar bahasa inggris, nggak segmented hanya soal TOEFL. Tentu saja semua yang ditulis disini berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya. Mungkin sekali beda cara saya dengan cara orang lain.

1. Have fun with English
Buat saya, cepat belajar tergantung dari kondisi belajarnya. Saya harus bersenang-senang. Nggak boleh ada rasa terpaksa, enggan, atau perasaan-perasaan negatif lainnya. Oleh karena itu, belajar bahasa inggris dibarengi nonton film menjadi salah satu cara yang saya pilih. Bisa film baru, atau pun film yang sudah saya tonton sebelumnya. Jika saya masih belum mengerti alur cerita sebuah film, biasanya caption-nya dihidupkan dulu, kemudian kedua kali saya nonton baru caption-nya dimatikan. Ini penting buat saya dalam belajar spelling. Sering saya temukan, saya pikir mengucapkan kata A begini, ternyata diucapkan native speaker nggak sama seperti saya.

2. Having additional knowledge while learning
Caranya adalah dengan menonton video TED Talks atau open course seperti Coursera, Edx, MIT Open Course, dan banyak lagi. Topiknya menarik, loh! Barusan saya nonton di Youtube video TED Talk pembicaranya seorang model. Dia cerita bahwa becoming a model is more like winning genetic lottery and great photos are constructions by a group of professionals, like make up artists, photographer, and any other creative people behind.

Coba deh tonton yang satu ini. Nilai tambah dari Cameron Russell (pembicaranya) selain isi materi dan bahasa inggris yang dia pakai, artikulasinya pun cukup jelas di telinga orang Indonesia seperti saya.

3. Taking english course as a foundation
Kalo benar-benar baru nyemplung alias baru banget belajar bahasa inggris, coba deh ambil les dulu. Ibaratnya orang yang baru belajar renang butuh pelampung dulu, lama-lama kalau sudah lancar baru dilepas. Ada beberapa orang yang bisa belajar hal baru sendiri, ada yang engga. Nah saya termasuk kelompok kedua. Saya harus diarahkan terlebih dulu tentang dasar-dasarnya baru setelah itu saya mengembangkan sendiri belajar bahasa inggris yang nyaman buat saya itu bagaimana. Saya bisa bilang bahwa inggris saya berkembang pesat setelah saya berhenti les. Mungkin karena sewaktu kursus, saya cuma belajar dua kali seminggu. Satu sesi hanya satu setengah jam. Sedangkan ketika saya berhenti kursus, saya sadar bahwa engga ada lagi waktu khusus buat saya latihan inggris. Kalau saya mau lancar, saya yang menentukan sendiri. Kesadaran harus datang dari diri saya sendiri. Jadilah saya mulai membeli dan membaca novel dan majalah bahasa inggris, nonton tayangan bahasa inggris di Youtube, main games bahasa inggris kaya scrabble, brain training, atau download aplikasi-aplikasi di playstore yang tujuannya melatih non english speaker untuk lebih menguasai bahasa inggris.
Fyi, ada saran nih untuk brain training bisa download elevate (baca review-nya: http://eclairer0.blogspot.co.id/2016/01/liburan-otak-tidak-terlatih.html), Lumosity (bisa dimainkan di pc juga), dan duolingo.

4. Ikut konferensi atau workshop internasional
Ibaratnya ini nyemplungin diri ke laut atlantik yang dingin. Jago atau ngga jago berenang, kamu harus melakukan apapun untuk survive. Pengalaman pribadi saya adalah ikut iLIVE2LEAD: International Youth Summit on the Environment 2013 di Qingdao, China. Di sana pesertanya berasal dari 16 negara dan mau ngga mau, saya harus berinteraksi. Roommate saja bukan berasal dari negara yang sama. Mau ngga mau saya harus bicara bahasa inggris, bahkan sesimpel untuk nanya siapa yang mau mandi duluan.
Mini UN


5. Cari tahu dimana kelemahanmu
Ada orang yang jago writing, tapi kurang jago listening dan speaking. Atau sebaliknya jago speaking tapi kurang bisa mendapatkan inti cerita dari satu paragraf berbahasa inggris. Penting sekali untuk tahu dimana letak kelemahanmu jadi bisa lebih fokus belajar ekstra di bagian itu. Kalau kamu kurang bisa structure, banyak latihan. Beli buku-buku latihan yang ada soal-soal structure yang mencakup vocab dan grammar. Kalau kurang berani ngomong bahasa inggris, daftar workshop atau konferensi internasional seperti di atas. Mau nggak mau kamu harus ngomong bahasa inggris. Nggak bisa excuse, deh. Kalau kurang bisa listening, coba nonton tayangan bahasa inggris tapi substitle-nya dihilangkan, seperti sudah saya jelaskan di atas. Atau banyak berkomunikasi sama orang asing. Komunikasi melibatkan dua pihak. Untuk merespon apa yang dia bicarakan, kamu harus mendengar baik-baik.

Tips-tips di atas berlaku untuk bahasa asing yang lainnya juga. Selamat belajar bahasa inggris. Have fun in process.