Manfaatkan Antioksidan dari Ampas Makanan untuk Kulit Wajah

Yup, kamu nggak salah baca judul. Di post kali ini, aku mau kasih tau cara merawat wajah kamu dengan ampas makanan. Pokoknya bagian dari makanan yang biasanya kita buang. Dua bahan yang biasa aku manfaatkan adalah ampas teh dan kulit jeruk. Aku tahu kedua hal tersebut saat mengerjakan tugas akhirku. Jadi di jurusan teknik kimia, untuk lulus kita perlu ngerjain penelitian dan rancang pabrik. Penelitianku tentang mengolah keripik buah dari pepaya dan aku harus mengekstrak kadar vitamin C dari buah dan keripik tersebut. Setelah baca-baca jurnal ilmiah (yang metodenya sudah diuji keakuratannya di lab), aku nemuin kalau vitamin C itu gampang saja diekstrak dengan air RO. Singkatnya, air RO adalah air yang sudah dimurnikan dengan cara reverse osmosis (untuk tahu lebih banyak googling sendiri, ya). Cara ekstraknya pun gampang banget. Kalau waktu di lab, aku ambil air RO kemudian dicampur sama puree pepaya, diaduk dengan magnetic strirrer selama 4 jam, centrifuge, saring, diukur, deh kadar vitamin C-nya.

Di web sociolla, aku pernah baca cara bikin ekstrak vitamin C versi sederhananya. Bisa dilakukan di rumah (https://journal.sociolla.com/serum-vitamin-c-buatan-sendiri/).
1.  Siapkan air dan kulit jeruk
2. Rebus air hingga mendidih
3. Setelah mendidih matikan air, lalu masukan kulit jeruk
4. Diamkan hingga 15-20 menit hingga vitamin C terekstrak ke air

Air yang sudah mengekstrak vitamin C ciri-cirinya adalah berwarna kekuningan dan ada aroma citrusnya. Terus kalau sudah terekstrak gimana pakainya? Mudah aja. Kamu tinggal tunggu sampai air bersuhu ruang alias sudah nggak panas dan bilas ke muka seperti cuci muka biasa. Dijamin muka seger dan kamu dapat manfaat dari vitamin C yang berkhasiat sebagai antioksidan. Dilansir dari situs Oregon State University, vitamin C berperan dalam sintesis kolagen dan melindungi kulit dari sinar UV.

Yang kedua, dari ampas teh. Kita kupas manfaatnya dulu, ya. Dulu waktu ngerjain TA rancang pabrik, aku googling dan nemuin kalau teh hijau sama halnya dengan cacao, black tea, dan red wine mengandung polifenol yang juga berfungsi sebagai antioksidan (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3488419/).
Yuk ikutin langkah-langkah simpel berikut untuk dapetin manfaat teh hijau untuk kulit mukamu.
1. Setelah kamu seduh ampas teh kurang lebih 2 menit, angkat dan pisahkan dari teh
2. Buka plastik pembungkus teh (kalau kamu seduh teh celup) dan taruh di mangkuk kecil ampas teh tersebut
3. Baurkan di kulit wajah secara merata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit
Ga perlu takut ampas teh merukruk atau fall out karena ampasnya kan agak lembap, jadi dia bakal nempel sama kulit muka.


Pengalamanku, setelahnya kulit muka jadi glowing banget. Fyi, teh selain berfungsi sebagai antioksidan juga punya manfaat lain yaitu mengurangi peradangan. Jadi teh bagus banget untuk merawat kulit berjerawat kamu karena dapat mengurangi sebum dan melawan bakteri penyebab jerawat.

Selamat mencoba, ya. Let me know if you have question. Leave a comment below and I will be happily answer it.