Tidak Melulu Soal Kamera

WARNING: Post ini ditulis oleh saya, orang awam dalam bidang teknologi namun informasi yang tercantum di dalamnya berdasarkan riset dari website terpercaya (link tersambung).

Kamera HP.

Dulu beberapa tahun silam, hal itulah yang menjadi alasan saya untuk membeli HP baru. Selain kamera, "feeling" menjadi alasan saya ganti HP. Pokoknya segala alasan yang bukan alasan logis mendasari saya ketika saya ingin ganti HP baru. Yang dimaksud feeling adalah chemistry yang terbentuk antara saya dan handphone tersebut. Pokoknya kalau sudah suka, ya, suka, tidak peduli spesifikasinya seperti apa. Aneh, ya. Pilih handphone seperti pilih pasangan saja. Pokoknya tidak bisa dijelaskan, ketika saya suka merek dan tipe tertentu dan sudah saatnya ganti, maka saya akan membeli handphone pertama yang saya senangi tanpa membuat perbandingan sama sekali.

Untungnya, kebiasaan buruk itu sudah hilang apalagi ketika saya harus membeli barang ini dengan uang sendiri alias ketika sudah bekerja. Saya jadi lebih cermat lagi sebelum membeli HP. Saya bisa googling beberapa hari bahkan membuat table comparison di kertas. Di postingan ini, saya mau share beberapa hal penting yang jadi perhatian saya ketika akan ganti ponsel:

1. RAM
Dilansir dari Lifewire, RAM (Random Access Memory) adalah hardware tempat penyimpanan data sementara. RAM pada gadget mempengaruhi performance total sistem. RAM membantu mengakses data lebih cepat daripada memprosesnya langsung dari hard drive. Handphone incaran saya ketika tabungan sudah mencukupi adalah yang memiliki 4 GB RAM.

2. ROM
Selain RAM, ada pula memori yang disebut ROM.  Menurut WhatIs.com, ROM adalah "built-in" memori yang datanya hanya bisa dibaca. Data yang tersimpan di ROM tidak akan hilang ketika gadget dimatikan. ROM disebut juga sebagai memori internal. Kebanyakan handphone dengan ROM 16 GB sekarang sudah ketinggalan jaman dengan semakin banyaknya aplikasi dan permainan yang bisa diunduh di Playstore atau Apple App Store.

3. MicroSD
Kalau memori internal penuh, microSD bisa digunakan untuk menambah memori. Biasanya digunakan di handphone yang dual SIM jadi satu slotnya bisa dipakai untuk insert microSD. Perlu diteliti juga handphone tersebut mampu mendukung sampai berapa GB.

4. Dual SIM/Tidak
Buat saya handpone yang dual SIM penting karena saya tidak suka gonta-ganti nomor tapi tetap mencari provider dengan paket internet termurah. Dengan dual SIM, saya bisa mempertahankan nomor lama saya sekaligus beli nomor baru yang sementara hanya untuk menggunakan promo paket internetnya.

5. Baterai
Baterai salah satu elemen terpenting dalam pemilihan handphone. Walaupun sekarang sudah ada power bank, punya handphone dengan kapasitas baterai tinggi tentu lebih aman. Saya pernah punya pengalaman ganti baterai sampai dua kali. Untuk itu, setelah googling dan minta saran dari teman-teman yang lebih ahli di bidang IT, saya disarankan untuk memilih handphone dengan baterai 4100 mAh.

Buat saya pribadi, kelima hal tersebut yang menjadi pertimbangan. Kamera tidak masuk dalam daftar karena untuk memotret saya lebih suka menggunakan kamera saku (sedang menabung untuk membeli tipe mirrorless). Kasus lain, bagi teman saya tipe HP nomor dua, yang penting brand-nya. Dia selalu menggunakan Iphone sebagai gadgetnya. Sama sekali bukan untuk gengsi melainkan karena Iphone simpel dan minimalis. Selain itu, menurut teman saya walau memori internal dan RAM-nya kecil, Iphone tetap cepat dan tahan lama.

Memang banyak sekali alasan orang gonta-ganti HP, tapi jangan sampai alasan gengsi masuk ke list kamu, ya. Sayang, kan membelanjakan uang hasil jerih payah hanya untuk terlihat keren? Kalau kamu sedang mencari HP baru, boleh baca postingan Pertimbangan Sebelum Mengganti Ponsel dari Mbak Antung Apriana sebagai postingan #KEBloggingCollab.