Bukan Spageti, Bukan Pula Bihun, Apakah Dia?

Saya nggak pernah membahas kuliner di blog saya namun membaca ulasan Mbak Sulis mengenai makanan kota asalnya, saya beranikan diri terutama karena ingin memperkenalkan makanan khas kota saya tercinta, Kota Tangerang.

Hampir semua orang luar kota yang berkunjung ke Kota Tangerang dan ingin mencicipi makanan khas kota ini pasti salah satunya akan direkomendaikan ke Kuliner Laksa Tangerang di Jalan Muhammad Yamin, Babakan, Tangerang. Di tempat ini berjajar penjual laksa yang selalu ramai pengunjung.
Sumber: https://paranincomunnity.wordpress.com/2014/09/12/laksa-tangerang/
Buat kalian yang masih asing atau tidak mengenal laksa sama sekali, kenalan sedikit yuk sama makanan yang satu ini.
Sumber: http://abouttng.com/laksa-tangerang/
Bahan utama laksa adalah tepung beras, lebih tebal dari bihun, hampir seperti spageti. Campurannya adalah kentang, telur rebus, dan ayam bakar. Kuah laksa terbuat dari kaldu ayam, kacang ijo, dan santan. Sebelum disajikan, di atasnya ditaburi daun kucai yang dipotong kecil-kecil.

Sejarah laksa di Kota Tangerang pun cukup menarik. Ternyata laksa sudah sudah ada sejak tahun 1970 an dan terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Laksa Nyai dan Laksa Nyonya. Keduanya dibuat dari bahan makanan yang sama, yang membedakan hanya pembuatnya. Laksa Nyai dibuat oleh orang asli Tangerang sedangkan Laksa Nyonya dibuat oleh orang peranakan Cina (biasa disebut Cina Benteng) di Kota Tangerang.

Kalau kamu berasal dari luar pulau dan belum sempat mampir ke Kota Tangerang untuk mencoba laksa, kamu nggak perlu penasaran. Banyak resep berseliweran di internet cara membuat laksa Tangerang, terutama untuk kamu yang gemar memasak dan mencoba resep baru. Tentu saja rasanya nggak afdol kalau tidak mencoba makanan khas di daerah asalnya tapi daripada cuma mupeng ngeliatin gambar laksa di atas, mending coba resep laksa tangerang yang satu ini yuk.


Referensi:
1. https://lifestyle.sindonews.com/read/1255145/185/gurihnya-laksa-tangerang-makanan-khas-rakyat-di-zaman-kejepit-1510024383
2. https://tangerangonline.id/2016/07/25/makanan-khas-tangerang-ada-laksa-nyai-dan-laksa-nyonya/