Office Look

This is my first post about make up. Aku lagi berjerawat banyak banget di area pipi kiri jadi aku nggak pakai foundation sama sekali bahkan di area pipi kanan dan kening yang tidak berjerawat. Berikut rangkaianku dalam menciptakan office look yang simpel but surprisingly good karena ternyata cukup ampuh dalam mengurangi minyak di daerah T. Aku cerita dari mulai bangun tidur ya alias dari mulai pakai skin care.

1. Sabun cuci muka
Bangun tidur cuci muka dengan air keran dan pakai Clean & Clear Essentials Foaming Facial Wash. Ini adalah pencuci muka dari aku kelas 2 SMP sampai sekarang sudah kerja. Formulanya lembut dan bagus banget untuk kulit berminyak.

2. Masker
Selesai cuci muka, keringkan wajah dengan tissue atau handuk kering dengan gerakan tap tap (jangan digosok). Masker yang aku gunakan ada 2 (bukan pakai 2 sekaligus, ya). Aku pakai ganti-ganti Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask dengan Sariayu Putih Langsat Peel Off Mask.
Hari ini aku lagi pakai Innisfree. Masker ini cukup ampuh dalam mengurangi minyak di wajah seharian. Jenis mukaku oily terutama di daerah T. Saat digunakan, masker ini punya efek dingin yang menenangkan di wajah. Ketika dibilas, wajah jadinya super bersih tapi nggak kering atau kesat gitu.


Masker didiamkan selama 15 menit

3. Moisturizer
Aku baru baca kemarin malam postingan yang berjudul 3 Penyebab Jerawat Nggak Kunjung Sembuh (Part 2) di website Female Daily dan salah satu penyebabnya adalah tidak paka pelembap. Selama ini kalau jerawat lagi parah, aku memang hanya mengoleskan obat jerawat pagi dan malam dan melewatkan skin care termasuk serum dan moisturizer, terutama moisturizer karena aku pikir hanya akan bikin wajah greasy dan memicu timbulnya jerawat. Ternyata anggapanku salah. Pantesan selama ini kalau lagi pakai obat jerawat, di daerah yang dioleskan permukaannya kasar banget. Kandungan dalam obat jerawat seperti asam salisilat memang membuat wajah jadi kering.
Moisturizer yang aku pakai adalah Innisfree Orchid Enriched Cream. Yang di bawah ini cuma testernya yang ukuran 10 mL.



Tips untuk kulit berjerawat: hindari menggunakan moisturizer ber-SPF. Sunscreen emang penting banget terutama untuk aktivitas di luar rumah, tapi berdasarkan pengalamanku, produk ber-SPF nggak bagus untuk kulit muka acne-prone jadi selama ini aku masih mencari-cari moisturizer yang mengandung SPF yang aman untuk muka. Tapi itu berdasarkan pengalamanku aja, ya. Nggak pakai sunscreen juga bikin wajah rentan sama tanda-tanda penuaan. Kayaknya kita yang paling tahu kondisi wajah kita. Sesuaikan aja sama kondisi wajah kamu. Aku setuju sih kalau kita harus pakai sunscreen cuma belum nemu aja yang bersahabat sama kulit berjerawat merek apa.

4. Primer
Ini rahasianya siang-siang produksi minyak di wajah nggak berlebihan (yes, I admit that my face is still oily) tapi perbandingan wajah yang dioleskan primer terlebih dahulu dan yang nggak jauuuuh banget. Serius, deh. Kalau nggak pakai primer, siang-siang wajah mengkilap banget. Kalau pakai primer dulu, produksi minyak lebih sedikit. Diapus pakai face paper juga muka seperti baru berangkat kerja. Kalau nggak pakai primer, mau pakai face paper sebanyak apapun kayaknya masih aja ada jejak minyak di wajah. Yang aku pakai adalah Catrice Prime and Fine Pore Refining Anti-shine Base Mattifying Longlasting Oil-free . Harganya kurang dari 100 ribu. Awalnya nggak expect apa-apa karena waktu aku beli, merek Catrice adalah newcomer di Guardian dan belum begitu banyak menemukan review di internet soal produk-produk Catrice. Tapi ternyata selain terjangkau, produknya bagus banget.



5. Loose powder
Ini salah satu produk andalan selain primer. Aku pakai loose powder Bless Face Powder warna natural. Another tip untuk acne-prone: hindari compact powder karena bisa menyumbat pori. Dengan loose powder, aku pakai teknik baking di bawah mata. Tujuannya supaya daerah bawah mata tidak begitu gelap dan tahan minyak seharian.




6. Blush on
Ini dia salah satu produk yang bikin muka kelihatan fresh seharian. Ada tiga blush on yang sering kupakai tergantung mood, yaitu Sari Ayu, Maybelline Cheeky Glow yang seri Wooden Rose, dan SilkyGirl Shimmer Duo Blusher . Dan dari ketiganya, yang paling pigmented adalah Sari Ayu. Sebenarnya blush on ini punya mamaku yang iseng-iseng dulu aku coba. Jujur surprised banget sama hasilnya karena dulu anggapanku produk Sari Ayu itu emak-emak banget (I  know, my bad). Palette-nya yang sebelah kanan berwarna agak kecoklatan yang cocok digunakan untuk contour. SilkyGirl juga pigmented dengan warna pink yang fresh. Untuk tampilan lebih natural, aku biasanya pakai blush on Maybelline karena warnanya semi nude.
Blush on Sari Ayu (palette kanan bisa dipakai contour)
SilkyGirl Shimmer Duo Blusher yang dipakai dalam postingan ini

7. Pensil alis
Alisku udah tebal jadi lebih seringnya aku keluar rumah tanpa pensil alis. Untuk merapikannya, paling aku cabut setiap beberapa hari sekali. Cuma untuk tampilan lebih rapi, aku tetap suka pakai pensil alis. Yang aku pakai adalah Emina Agent of Brow. Harganya di bawah 34 ribuan jadi super terjangkau. Aku pakai untuk membentuk saja. Untuk bagian isi, aku pakai SilkyGirl Hi-Definition Brow Liner 02 Dark Brow. Pensil alis ini berbentuk seperti crayon yang ada spooly-nya untuk menyisir dan merapikan di tahap akhir.


8. Mascara
I am such a mascara girl. Buat aku look tanpa maskara dan dengan maskara beda banget. Mata kelihatan jadi lebih hidup kalau pakai mascara. Aku pakai Maybelline the Hyper Curl Volum Expres Waterproof. Banyak banget review positif tentang mascara satu ini dan turned out, bener banget klaimnya. Bulu mata kelihatan lebih tebal, lentik, dan tahan seharian.


9. Lipstik
Ini make up terakhir yang mesti dioleskan ke wajah untuk menciptakan office look yang sempurna. Untuk ke kantor, aku menghindari warna-warna yang berani seperti red blood dan plum. Aku lebih memilih pakai warna-warna nude atau pink. Kali ini yang aku pakai (juga punya mamaku) adalah Maybelline Color Sensational 075 Let Me Pink.

Done! Ini dandanan yang aku pilih untuk ke kantor terutama kalau ada acara penting di kantor. Look ini memang sengaja nggak nutup jerawat karena tujuannya supaya wajah bebas minyak sama kelihatan lebih fresh aja. Ada orang yang pakai foundation untuk menutupi jerawat dan nggak ada yang salah tentang itu, tapi aku nggak termasuk di dalamnya. Kalau lagi jerawatan gini, aku lebih memilih supaya kulit bisa bernapas dan pori nggak tersumbat.