Sering Suntuk dan Nggak Mood Kerja? Wajib Baca Sampai Habis!

Dari mulai mengenal matematika, aku sudah akrab dengan yang namanya "kalkulator". Dulu mama, papa, dan guru di sekolah tidak memperbolehkan aku untuk menggunakan kalkulator dengan tujuan menghitung manual akan mengasah kemampuan berhitungku sampai akhirnya saat kuliah, penggunaan kalkulator dalam belajar bukan hal tabu dan malah dianjurkan. Saat baru masuk kuliah di teknik kimia dan dianjurkan untuk menggunakan kalkulator grafik dalam keseharian, saat itulah pertama kalinya aku tahu ada kalkulator yang bisa dipakai untuk mencatat, menghitung banyak data dengan tabel seperti cara Ms. Excel bekerja, sampai membuat grafik, mencari persamaan dan gradien dari grafik tersebut. W o w... Dulu sampai norak saking terkesimanya dengan kalkulator ini. Dan walaupun pricey, kalkulator Casio fx-9860GII SD ini sangat membantu sampai aku menamatkan perkuliahan.


Selesai kuliah, aku bekerja sebagai Procurement staff di perusahaan multi nasional dan tahu, nggak? Ternyata dalam pekerjaanku sekarang, kalkulator masih dipakai. Ya iyalah, namanya juga kerja sebagai purchaser. Untuk keperluan praktis, aku balik lagi menggunakan kalkulator biasa.


Pekerjaanku yang sekarang kebanyakan terdiri dari paper work, membalas puluhan email yang masuk setiap harinya, dan sesekali melakukan tender meeting dengan klien. Delapan jam setiap hari aku habiskan di belakang layar monitor dan terkadang terasa amat membosankan dan membuat mataku "pedes"

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang aku lakukan di kantor untuk mengusir kebosanan dan boost my mood sehingga aku bisa bekerja lebih produktif. Aku sendiri berpendapat jika pekerjaan akan lebih maksimal jika dikerjakan dengan hati gembira dan on fire. Beberapa hal yang dapat membuat mood-ku oke lagi kala sedang suntuk:

1. Cemilan
Excessive sugar is dangerous for health but sugar in proper amount could boost my mood! Ada yang merasa seperti ini juga? Buatku setiap harinya, jam 3 atau 4 sore adalah jam kritis butuh cemilan. Untuk cemilan sehat, aku memilih buah seperti pisang yang mudah dimakan atau buah potong yang sudah disiapkan dari rumah. Sesekali kalau terburu-buru dan sibuk banget, sepotong kecil coklat atau permen coklat bisa dijadikan cemilan, kok.

2. Siapkan pen dan spidol warna-warni
Dari buku dan artikel yang aku baca, warna dapat meningkatkan memori sampai 80%. Selain manfaat tersebut, penggunaan alat tulis warna-warni juga buatku untuk mengusir kebosanan melihat tulisan monoton dengan pen hitam atau biru. Selain alat tulis, kubikelmu bisa juga dihias dengan quotes-quotes penyemangat yang bisa kamu cari di internet dan tempel disana, atau pakai barang-barang warna-warni misalnya map warna-warni atau kalkulator yang nggak cuma hitam, abu-abu, dan putih. Kalau dalam keseharianmu sering pakai kalkulator seperti aku, kamu bisa banget mengganti kalkulator lama dengan colorful calculator yang pilihan warnanya beragam dari pink, kuning, biru, orange, ungu sampai turquise. Kalkulator ini rata-rata dibandrol dengan harga di bawah 100 ribu saja.

Kalkulator imut nan colorful di atas bisa dibeli di e-commerce Matahari Mall (klik disini) dan bisa pakai promo code CASIOBLOGNO4984N saat akan bayar.

Seperti halnya gadget, kalkulator jadi barang yang tidak terpisahkan dalam keseharian kita. Meskipun sudah ada aplikasi kalkulator dalam setiap mobile phone, bahkan yang paling "jadul" sekalipun, kalkulator tetap dibutuhkan untuk dapat menghitung dengan cepat dan nyaman.

Kenyataan bahwa dari kecil aku nggak pernah pakai kalkulator lain selain Casio saking awet dan nyamannya (sampai kalkulator grafik yang mahalnya minta ampun pun merek Casio), aku bisa bilang kalau Casio My Style Calculator. Casio bagian dari gaya hidup cepat dan dinamis.

3. Do hobby
Buat orang yang bekerja freelance, melakukan hobi untuk refreshing sangat bisa dilakukan. Ya idealnya, sih hobi dan pekerjaanmu adalah hal yang sama *nyelip curhat*.Tapi pekerja kantoran 8 to 5 macam aku, bisa juga kok memanfaatkan waktu istirahat sekitar satu jam untuk refreshing melakukan hobi macam baca buku atau bikin doodles dengan spidol warna-warni.

Selain saran di atas, temanku pernah memberi saran seperti ini kalau kamu benar-benar suntuk, kurang inspirasi, dan mood-nya down banget.

"Take 10 minutes break. Or contemplate for 5 minutes about what to do and how to do."


Cara-cara di atas masih nggak bisa memperbaiki mood kamu dan kamu masih merasa super nggak produktif di kantor? Mungkin saatnya kamu mengikuti saran yang aku temukan di koran pembungkus kado waktu acara tukar kado di kantorku:

Sekian tips-tips ciamik dari aku untuk bantu hidup kamu lebih berwarna (salah satunya pakai kalkulator colorful ;p). Semoga bisa membantu kamu lebih produktif dan mengembalikan mood-mu dalam bekerja #CasioMyStyle.