[BOOK REVIEW] Why Men Love Bitches

by - 9:44 PM




Halo,

Beberapa minggu lalu saya baru menyelesaikan membaca buku karangan Sherry Argov yang judulnya seperti kalian baca di atas. Intriguing title? Bisa bikin dahi berkenyit atau setidaknya noleh waktu lewat dan gak sengaja membaca judul buku ini di toko buku.  Alasan saya membeli buku ini selain karena "kemakan" omongan orang yang melabeli buku ini "super recommended" adalah karena capek dan bingung. Capek pacaran ujung-ujungnya putus juga, terus penasaran aja bagaimana seharusnya menempatkan diri saya dalam sebuah hubungan.

Saya pikir guide book ini akan berbeda dari self development book yang tidak pernah saya baca sampai habis karena tidak praktikal (atau saya saja yang terlalu skeptis). Ternyata...benar! Yang saya pikirkan begitu selesai membaca buku ini: I wish I found and read this book earlier. Serius, buku ini dapat menghindarkan saya (dan kalian kaum hawa, saya yakin) dari patah hati yang tidak perlu. 

Ada 11 Chapter di dalam buku ini yang menjelaskan mengapa wanita yang "terlalu baik" dan "terlalu mengalah" justru sering berakhir patah hati dan bagaimana bersikap tangguh (bukan pura-pura), fokus terhadap diri sendiri (making yourself priority), punya kontrol, dan jujur terhadap diri sendiri adalah cara untuk bahagia dan punya hubungan yang sehat dan growing dengan pasangan.



Sekilas kalau hanya diceritakan poin-poin penting dari buku ini, banyak dari kita yang akan memotong dan mengatakan, "dah tauuu...". Saya juga begitu saat baru membaca daftar isinya. Ketika saya explore dan mulai membaca lebih dalam, Sherry Argov memberi alasan dan contoh mengapa hal-hal tersebut penting. Seringkali kita sudah bisa membedakan mana yang benar, mana yang seharusnya tapi end up melakukan yang sebaliknya karena kurang alasan mengapa hal tersebut penting dan perlu dilakukan. Buku ini tidak mengajari saya harus begini, harus begitu, tapi simply memberi alasan yang kuat dan memberi tahu manfaatnya kalau saya melakukan yang benar. Efeknya dalam sebuah hubungan.

Setiap beberapa paragraf, Sherry Argov menyelipkan "Attraction Principle" yang keseluruhan dalam buku ini berjumlah 100. Attraction Principle ini 1-2 kalimat yang di-bold yang seolah-olah seperti mantra dan sebaiknya kita jadikan common sense. Selain itu, Sherry juga membuat tabel perbandingan apa yang biasa dipikirkan wanita dan pria. Oh iya, untuk penulisan buku ini, penulis melakukan interview dengan beberapa pria dan wanita dan memberi case dalam tiap chapter. Case-nya too relatable, either saya pernah mengalami atau teman yang ngalamin. Pokoknya dekat lah sama kehidupan sehari-hari.





Yang terpenting, buku ini dikemas lucu dan ringan banget. Saya kasih satu kutipan, ya yang kebetulan dibaca di coffee shop waktu lagi nongkrong sama pacar.
"Once in a while, you'll come across a man who is extra clean. But generally, sharing a bathroom with a man will be sheer misery. Ten minutes after you've cleaned the sink and mirror with streak-free Windex, he'll come in there and spray water everywhere. It's like sharing a bathroom with your very own, in-house, adopted walrus." Bagian terakhir bikin ngakak. Jujur bisa dihitung pakai jari buku bahasa inggris yang habis saya baca dan tentu saja, buku ini masuk dalam list. I wish I found this book earlier. Surely I'll re-read this book.





You May Also Like

1 comments

  1. Hello, i feel that i noticed you visited my web site so i got here
    to go back the want?.I'm attempting to to find things to enhance my
    site!I guess its good enough to make use of a few of your ideas!!

    BalasHapus

Hi, thank you for sending your thought on this post. I will get back and reach you as soon as possible

Regards,
Nia