Museum Goers

by - 7:51 PM

Saya suka sekali liburan ke pantai atau gunung namun jika tidak memungkinkan, misalnya cuaca buruk atau jarak yang jauh, jalan-jalan ke museum jadi kegiatan yang menyenangkan buat saya. Sedari dulu, saya selalu excited berlebihan jika ada karyawisata ke museum. Sekarang, jalan-jalan ke museum tetap saya lakukan karena selain bermanfaat (banyak ilmu yang bisa diserap), juga hemat. Hampir semua museum yang saya kunjungi gratis. Sampai sekarang, saya merasa museum-museum yang saya kunjungi baru sebagian kecil saja dan terus me-list museum mana yang mau dikunjungi dalam waktu dekat. Kalau dulu sendiri atau bersama teman, sekarang saya punya partner menjelajah museum. Yap, pacar. Siapa lagi? Hahaha. Museum terakhir yang saya kunjungi, Museum Affandi di Jogja, dia yang ngajak dan merencanakan semuanya. Baik banget, kan?
Berikut museum-museum yang pernah saya kunjungi:

1. Museum Konferensi Asia Afrika

Alamat: Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111
Kalau kebetulan ke Bandung dan mengunjungi Masjid Raya dan Alun-alun, jangan lupa mampir ke museum satu ini yang bisa dijangkau dengan jalan kaki dari dua lokasi di atas. Tiketnya gratis tapi jangan lupa datang sesiang mungkin karena museum ini tutup pukul 16.00 WIB. Untuk lebih lengkapnya, jam buka museum seperti dijelaskan di bawah:
Sumber: http://asianafricanmuseum.org/

Banyak dokumentasi mengenai konferensi asia afrika yang diselenggarakan tahun 1955 dipajang disini. Kalau belum sempat ke Bandung, coba tonton dulu virtual tour-nya di sini: http://asianafricanmuseum.org/virtualmuseum/
Sumber: https://tempatwisatadibandung.info/museum-konferensi-asia-afrika/
Sumber: http://bandung.bisnis.com/foto/view/20120420/173163/foto-museum-kaa-bandung-peringati-57-tahun-kaa
Untuk keterangan lebih lanjut dapat mengakses website resmi museum di link ini: http://asianafricanmuseum.org/

2. Galeri Nasional

Alamat: Jalan Medan Merdeka Timur No. 14, Gambir, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
Museum ini wajib dikunjungi oleh pecinta lukisan. Kunjungan ke museum inilah yang membuat saya ingin sekali ke Museum Affandi karena di museum ini saya berkenalan dengan salah satu lukisannya yang berjudul Beggars. Selain lukisan, ada pula karya seni lain seperti di bawah:
Museumnya cukup lapang dan tidak terlalu ramai, cocok dikunjungi jika sedang ingin jalan-jalan sendirian

Beggars, lukisan emboss karya pelukis terkenal Affandi


Selain lukisan, ada pula ekhibisi seperti ini


Waktu berkunjung museum pukul Selasa-Minggu 09.00-16.00 WIB untuk pameran tetap. Hari Minggu dan libur nasional tutup. Pameran kontemporer bisa dikunjungi sampai pukul 10.00-19.00 WIB jadi bisa kamu kunjungi sore-sore mengingat matahari Kota Jakarta panasnya minta ampun saat tengah hari. Untuk keterangan lebih lanjut dapat mengakses website resmi museum di link ini: http://galeri-nasional.or.id/

3. Upside Down World

Sedih banget, deh waktu saya akhirnya mengajak mama, papa, dan adik ke Bali, hujan turun setiap hari selama kami di sana. Memang, sih waktu itu akhir tahun dan cerobohnya aku tidak buat backup plan destinasi wisata indoor. Note to myself: Jangan pesan tiket pesawat dan hotel jauh-jauh hari kecuali musim kemarau dan selalu sediakan backup plan seandainya cuaca buruk dan nggak bisa explore wisata outdoor macam pantai terutama jika pergi sama orang tua. Mama dan papaku termasuk orang yang jarang bepergian dan muncul rasa bersalah, sih tidak bisa merencanakan dengan baik jalan-jalan buat nyenengin hati mereka. Well, cukup dengan curhatnya. At least waktu di Bali kemarin sempat berkunjung ke Upside Down Museum.......yang sebenarnya ada di Alam Sutera, deket rumah. Hm...
Tiket masuknya Rp 100.000. Nggak usah takut kalau kamu ke sana sendirian karena banyak mas dan mbak yang bantuin kamu foto dan bahkan bantu rotate foto di handphone-mu.
Gemes banget, kan sama dekornya?







4. Museum Affandi

Museum ini baru saja saya kunjungi beberapa bulan lalu, berlokasi di Jl. Laksda Adisucipto No.167, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Waktu berkunjung mulai dari pukul 09.00-16.00 WIB. Museum ini tidak gratis, dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 25.000 per orang untuk lokal dan Rp 75.000 untuk turis asing tetapi harga sudah termasuk free soft drink. Di museum ini ada video yang menunjukkan waktu sang maestro melukis, beberapa peninggalan termasuk mobil kesayangannya seperti foto di bawah, dan sanggar melukis untuk anak-anak. Mungkin karena bukan musim liburan, waktu saya dan Teddy ke sini, Bapak penjaga museum memberikan tur keliling tiga galeri.

Memandangi dua lukisan yang begitu personal untuk Affandi: Maryati dan Kartika (kiri) dan Ibunda Affandi (kanan)

Makam peristirahatan Affandi dan Istri, Maryati


Foto ini bentuk ketidaksetujuan Affandi terhadap aktivitas sabung ayam

Galeri I


Berpose di depan mobil kesayangan sang pelukis

Keunikan lukisan ini adalah lukisan dalam lukisan (pandangi background-nya)

Ibunda Affandi
Untuk keterangan lebih lanjut dapat mengakses website resmi museum di link ini: http://www.affandi.org/. Rata-rata lukisan Affandi berkisar di harga satu hingga enam miliar. Tour guide kami mengatakan bahwa Affandi mengerjakan lukisannya kurang lebih 1 jam. Saya berguyon bahwa itu berarti Affandi membuat uang 6 miliar dalam waktu 1 jam. Hehehe, which is can not simply defined like that. Pada masa hidupnya, lukisan Affandi tidak bernilai setinggi itu. Saya baru mengetahui bahwa setelah si pelukis meninggal, barulah karya-karyanya melambung tinggi harganya.

Berkunjung ke museum mengingatkan saya bahwa banyak hal mengenai negri ini yang bisa dieksplorasi. Saya belum berhenti impressed terhadap sejarah dan karya seni lokal. Di Jakarta sendiri ada lebih dari 50 museum dan galeri dan saya belum mengunjungi setengah dari total jumlahnya. I and Teddy will surely visit museums rather than being mall hoppers. Kalau kamu dan pasanganmu bagaimana?

Postingan ini dibuat untuk menanggapi tulisan Mbak Ima yang dapat dilihat di sini. Mbak Ima adalah travel dan lifestyle blogger yang tulisannya inspiring buanget dan bikin pengen jalan-jalan terus (kalo punya uang tak terbatas) wkwkwk. Mampir, ya ke 'rumah' Mbak Ima: www.tamasyaku.com (traveling) dan www.ceritamanda.com (lifestyle)

You May Also Like

6 comments

  1. Wah keren euy nge-date-nya ke museum. Aku sendiri termasuk jarang ke museum. Soalnya nggak banyak juga museum di kotaku

    BalasHapus
  2. Kak Nia harus coba kunjungi museum gedung sate

    BalasHapus
  3. Kalo liburan ke luar kota, bisa dicoba, Mbak.

    BalasHapus
  4. wah keren banget ya up down itu

    BalasHapus
  5. You're so interesting! I don't think I have read something like this before.
    So nice to find somebody with a few original thoughts
    on this topic. Seriously.. thank you for starting
    this up. This website is one thing that's needed on the web, someone with a
    little originality!

    BalasHapus

Hi, thank you for sending your thought on this post. I will get back and reach you as soon as possible

Regards,
Nia